Pages

Ultrabook Siap Kalahkan Popularitas Tablet

detail berita
Acer Aspire S3 merupakan salah satu ultrabook (F:Google)

CALIFORNIA - Pasar PC mobile saat ini terfokus untuk mengembangkan ultrabook sebagai upaya untuk melawan popularitas tablet seperti iPad.

Matthew Wilkins selaku analis dari IHS mengatakan, tablet secara segnifikan sangat menghambat pertumbuhan pendapatan dari notebook. Sesuatu yang mengejutkan ialah pasar tablet di tahun depan diproyeksikan mulai mengalami pertumbuhan pesat. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan pegiriman ke seluruh dunia mencapai 42 persen, yang dimulai dari 2011 sampai 2015.

Sebaliknya, pasar notebook telah memasuki tahap kejenuhan, dengan persentase pengiriman hanya sebesar 10 persen, dalam periode yang sama.

"Untuk bersaing dengan tablet, notebook harus tampil lebih seksi dan lebih menarik bagi konsumen," cetus Wilkins, seperti dikutip TG Daily, Rabu (9/11/2011).

"Sekarang tablet telah membalikan ekspansi dari platform notebook yang sebelumnya berkembang pesat. Produsen PC sekarang harus sadar bahwa notebook harus lebih dikembangkan untuk memeprtahankan pertumbuhan pasarnya. Masuknya ultrabook, yang mengadopsi beberapa faktor tablet mulai dari segi bentuk dan keunggulan antarmuka pengguna, membuat daya tarik notebook lebih tinggi," jelasnya.

Pengiriman ultrabook diproyeksikan mencapai 43 persen yang mewakili pengiriman PC notebook global hingga 2015. Untuk tahun 2011 akan naik 2 persen dan 13 persen pada tahun 2012. Peningkatan pengiriman ulrabook secara cepat diperkirakan terjadi pada 2013 sebesar 28 persen dan 2014 sebesar 38 persen.

Ultrabook saat ini didefinisikan sebagai notebook yang sangat ringan dan tipis, dengan ketebalan kurang dari 0,8 inci. Biasanya ultrabook berjalan pada sistem operasi seperti PC, yakni Microsoft Windows. Namun, beberapa fitur tablet juga akan ditambahkan, seperti aktivasi instant-on yang selalu terhubung dengan link secara nirkabel.

Tidak hanya itu, solid state drive dan daya tahan baterai yang lebih dari 8 jam juga menjadi sebuah keharusan dari perangkat ini. Generasi terbaru ultrabook diharapkan akan menggunakan layar sentuh, sehingga memungkinkan pengguna menggunakan notebook seperti halnya tablet. (tyo)

sumber : http://techno.okezone.com/read/2011/11/08/57/526673/ultrabook-siap-kalahkan-popularitas-tablet

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Ultrabook Siap Kalahkan Popularitas Tablet"

Posting Komentar