Pages

Pencipta Bahasa Pemrograman 'Lips' Wafat

detail berita
John McCarthy (Foto: Cnet)

CALIFORNIA - Pencipta Bahasa Pemrograman Lips, John McCarthy, telah meninggal dunia. McCarthy meninggal pada usia 84 tahun.

Seperti dilansir Cnet, Rabu (26/10/2011), meninggalnya McCarthy diumumkan melalui Twitter oleh Fakultas Teknik Stanford University. McCarthy pernah bergabung dengan Stanford pada tahun 1962 hingga 2000.

McCarthy menciptakan Lips, yang merupakan pilihan bahasa pemrograman untuk Artificial Inteligent (AI). Lips merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi tertua dan masih digunakan hingga sekarang.

Pria kelahiran Boston tersebut mengatakan, bahwa dia merasa ada aspek kecerdasan manusia yang cukup bisa untuk digambarkan dengan sebuah mesin yang mensimulasikannya.

"Jika mesin dapat melakukan sebuah pekerjaan, maka otomatis kalkulator dapat diprogram untuk mensimulasikan mesin," tulis McCarthy dalam sebuah proposal penelitian pada tahun 1955.

"Kecepatan dan kapasitas memori komputer tidak cukup untuk mensimulasikan fungsi dari otak manusia. Halangan utamanya bukanlah kurangnya kapasitas mesin tapi ketidakmampuan kita untuk menulis program," katanya dalam proposal tersebut.

Dia menggambarkan AI sebagai "sains dan keahlian teknik untuk membuat mesin pintar".

McCarthy percaya bahwa AI seharusnya interaktif dan dapat memberikan reaksi atas apa yang diterima dan diberikan padanya, sama seperti pada simulator AI, Eliza atau yang baru-baru ini hadir, Siri.

McCarthy juga pernah menerima penghargaan Turing Award dari Association for Coumputing Machinery pada tahun 1972 dan National Medal of Science pada 1991. (tyo)

sumber:http://techno.okezone.com/read/2011/10/26/325/520610/pencipta-bahasa-pemrograman-lips-wafat

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Pencipta Bahasa Pemrograman 'Lips' Wafat"

Posting Komentar