Kindle Fire Makin Mengancam iPad
Seperti dikutip dari laman teknologi Digitimes, hingga akhir tahun Amazon diperkirakan mendapat permintaan pemesanan Kindle Fire hingga lima juta unit.
Sebelumnya, TechCrunch juga menyebut Amazon telah memesan jutaan layar dari pembuat manufaktur di Asia. Selain itu, bocoran yang diperoleh mengungkap bahwa Amazon memperkirakan empat juta tablet terjual hingga akhir tahun.
Permintaan ini diperkirakan sebagai antisipasi menjelang sejumlah hari libur penting, antara lain Natal, Tahun Baru, dan Tahun Baru Cina.
Awalnya, harga tablet yang murah menjadi alasan sejumlah analis kalau Kindle Fire akan laris-manis di pasaran. Apalagi, seperti dikutip dari Bussiness Wire, Amazon secara resmi telah mengumumkan menjalin kerja sama dengan Facebook, penyedia streaming film Netflix, sejumlah game dari Electronic Arts, Zynga, dan Rovio, serta ribuan app yang akan terpasang di Kindle Fire.
Dengan berbasis Android yang memiliki ribuan app di Android Market, dan kerjasama yang dijalin dengan Facebook, Netflix, dan lainnya, Kindle Fire semakin bernilai dari segi konten. Belum lagi sejumlah konten yang telah dimiliki Amazon, baik itu musik, film, atau ebook.
Konten memang menjadi andalan Amazon sewaktu meluncurkan Kindle Fire. Bahkan, seperti dikutip dari iSuppli, Amazon berani rugi dengan menjual tablet ini dengan harga yang lebih murah dari biaya produksinya. Seperti diketahui, Kindle Fire dijual seharga US$199, sedangkan harga produksi satu tablet mencapai US$209,63.
Berdasarkan perhitungan itu, Amazon merugi US$10 tiap Kindle yang dijual. Tapi, kerugian ini akan tertutup dari penjualan sejumlah konten Amazon. Strategi ini sama seperti yang dilakukan Gillette, yang menjual alat cukur dengan harga merugi, tapi dapat keuntungan dari penjualan siletnya.
Lalu, seberapa mengancamnya Kindle Fire bagi iPad? Survei menjawab: cukup mengancam.
Dikutip dari laman Fortune, survei yang dilakukan ChangeWave mengatakan, dari 2.600 responden, 5 persen menjawab telah memesan Kindle Fire sebelum Amazon secara resmi meluncurkannya. Ini lebih tinggi dari saat Apple meluncurkan iPad pada 2010 silam, yaitu hanya 4 persen.
Sedangkan yang mengaku tertarik Kindle Fire saat baru diluncurkan Amazon, sebesar 12 persen. Ini berbeda dengan saat Apple meluncurkan iPad, yang tertarik hanya sebesar 9 persen.
Adapun, dari 5 persen yang telah melakukan pemesanan Kindle Fire itu, yang mengaku batal membeli iPad sebesar 26 persen.
Ancaman tentu akan semakin besar jika Amazon serius mempersiapkan generasi terbaru Kindle Fire. Seperti dikutip dari TechCrunch, Amazon disebut telah mempersiapkan tablet berukuran 10 inch, yang mungkin akan rilis di kuartal pertama tahun 2012.
0 Response to "Kindle Fire Makin Mengancam iPad"
Posting Komentar