Pages

Do Network Tantang Inovator Indonesia


Ilustrasi (lenovo)
Jakarta - Di balik sebuah inovasi teknologi, pastinya ada sosok inovator di belakangnya. Nah, sosok inilah yang tengah diburu Lenovo lewat sebuah program bernama Do Network.

Do Network merupakan sebuah platform online yang didesain untuk memberikan inspirasi kepada orang-orang untuk mengubah ide-ide besar mereka menjadi hal-hal positif.

Dibuat berdasarkan kampanye brand global 'For Those Who Do', fokus dari Do Network adalah ruang online di mana warga Indonesia yang memiliki pemahaman sama dapat berkumpul untuk saling berbagi dan mendiskusikan ide-ide yang mereka sukai.

Dari persamaan pemikiran tersebut kemudian mereka didorong untuk membentuk tim-tim proyek dan mengembangkan ide-ide tersebut menjadi rencana yang bisa dilaksanakan secara nyata.

Do Network juga berfungsi sebagai platform yang menghubungkan semua tim proyek dengan orang-orang lain dalam komunitas tersebut yang bisa memberikan saran serta menyumbangkan keterampilan dan keahlian mereka.

Untuk membantu menggerakkan tim-tim proyek ini, Lenovo akan menyediakan mentor, teknologi dan hadiah uang sebagai dana awal untuk mengubah proyek terbaik menjadi karya nyata.

Program Do Network sendiri bakal terdiri dari empat putaran yang masing-masing berlangsung selama 90 hari, dengan tema dan tantangan berbeda pada setiap putaran.

Putaran pertama akan mengambil tema 'Penemuan Teknologi' dan akan dilaksanakan mulai hari ini hingga 4 Maret 2012. Peserta yang tertarik dapat mulai mengirim ide proyek mereka di http://donetwork.lenovo.com.

Tema pertama ini menantang tim-tim proyek untuk menemukan cara baru menggunakan teknologi guna menciptakan solusi-solusi yang menjawab masalah-masalah pelik yang ada di komunitas-komunitas mereka.

Tim-tim proyek akan diminta untuk mengerjakan salah satu dari empat tantangan yang diberikan -- pendidikan portable, kemacetan lalu lintas atau produk dan kemajuan.

Tantangan keempat, yang merupakan tantangan dengan tema bebas, juga akan dibuka sehingga para Doer dapat mewujudkan ide-ide mereka yang mungkin tidak termasuk dalam dalam kategori-kategori tantangan spesifik tersebut, tapi masih termasuk dalam tema penemuan.

"Dengan Do Network, kami ingin menciptakan tidak hanya platform tetapi juga gerakan yang mempertemukan para Doer untuk menghilangkan batasan dalam hal kolaborasi dan kreasi, dan menginspirasi mereka untuk bebas mengemukakan ide-ide besar dan mewujudkannya menjadi sesuatu yang berarti dan nyata bagi komunitas tempat mereka berada," kata Sandy Lumy, Country General Manager, Lenovo Indonesia, dalam keterangannya.

Adapun mentor-mentor yang telah disiapkan adalah praktisi TI Onno W. Purbo, mantan Country Editor Yahoo Indonesia Budiputra, serta Nurdin Nurdiansyah dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Pada saat yang sama, Lenovo juga meluncurkan Do Network di Rusia dan India. Di setiap negara, masing-masing dari ke-10 finalis terbaik akan menerima perangkat Lenovo yang nilainya hingga USD 2.000. Selain itu, pemenang hadiah utama di setiap negara akan menerima dana sebesar USD 25.000 untuk melanjutkan pengerjaan proyek mereka.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Do Network Tantang Inovator Indonesia"

Posting Komentar